Import data Epsbed dari excel

Import epsbed dari data spreedsheet excel

Didalam database epsbed.mdb ini ada minimal 6 file yang harus diisi yaitu file MSMHS (master mahasiswa/biodata mahasiswa), file TBKMK (data kurikulum), TRAKM (data IP dan IPK), TRAKD (data dosen mengajar matakuliah), TRLSM (data mahasiswa Lulus/Cuti/Keluar/DO) dan TRNLM (data nilai mahasiswa) semua file-file ini wajib ada di database epsbed.mdb

  1. Persiapan import

Data di excel field-field nya (kolom di excel) harus sama dengan yang ada di epsbed, contoh apabila ingin mengimport data TRNLM maka field nya

  1. THSMSTRNL type data karakter (5)
  2. KDPTITRNL type data karakter (6)
  3. KDJENTRNL type data karakter (1)
  4. KDPSTTRNL type data karakter (5)
  5. NIMHSTRNL type data karakter (15)
  6. KDKMKTRNL type data karakter (10)
  7. NLAKHTRNL type data karakter (2)
  8. BOBOTTRNL type data number (decimal)
  9. KELASTRNL type data karakter (2)

Field atau kolom ini namanya harus sama dan type datanya juga.

  1. Import data

Setelah data yang akan dimport sudah terisi dengan benar maka datanya sudah siap untuk di import yaitu file epsbed.mdb dibuka dengan aplikasi access.

Pada salah satu file di klik kanan misal di file TRNLM maka akan muncul submenu [open, design view, import, exsport dan lain-lain) pilih import lalu akan muncul submenu lagi [access, excel dan lain-lain] pilih excel maka akan muncul jendela menu “Get ekternal data – excel spreadsheet”. Pada pilihan File name disini, diisi file excel yang akan di import, kemudian pilih “Append a copy of the record to the table “ adalah akan ditambahkan kemana file tersebut (kira-kira begitu pertanyaannya)  pilih aja file TRNLM, lalu klik OK. Maka akan muncul jendela “Import spreadsheet wizard”, disini meminta sheet mana yang akan di import, apabila sheet1 maka pilih sheet1 yang akan di import kemudian pilih next kemudian muncul lagi jendela   “Import spreadsheet wizard” kemudian pilih finish, maka data yang ada di excel  langsung diimport.

Mudah-mudahan bisa bermanfaat

3 respons untuk ‘Import data Epsbed dari excel

  1. Assalamualaikum,
    saya diberi tanggungjawab oleh PTS kami untuk membuat sebuah aplikasi jembatan dari SIA ke Laporan EPSBED, hanya saja saya sedikit kebingunan dengan file TRAKM (urutan field) yang terekspor dalam bentuk CSV. saya berharap bapak dapat memberikan saya satu contoh file TRAKM.CSV yang berhasil diupload di dikti. terima kasih sebelumnya.

Tinggalkan komentar